Mengenal Jenis-Jenis Minyak Zaitun

@
Mengenal Jenis-Jenis Minyak Zaitun
Mengenal Jenis-Jenis Minyak Zaitun. Ada beberapa istilah yang biasa digunakan dalam proses pembuatan Minyak Zaitun, yaitu:
- Virgin, artinya belum melalui proses kimia
- Refined, artinya minyak tersebut sudah melalui proses kimiawi 
- Pomace, artinya minyak sudah diekstraksi dengan pelarut dan suhu tinggi (panas)

Lihat juga : Obat herbal yang berbahan dasar zaitun

Berikut kami jelaskan Jenis-jenis Minyak Zaitun berdasarkan cara pembuatannya / kualitasnya :

1. Extra Virgin Olive Oil
Minyak ekstra virgin oil berasal dari hasil perasan pertama buah zaitun.
Minyak zaitun ekstra virgin mengandung jumlah nutrisi dan vitamin yang tinggi, tidak ada bahan kimia tambahan, bening, lembut, bertekstur, rasanya unggul, dan tingkat asam oleat-nya kurang dari 1%.
Minyak ini sangat berharga karena kesempurnaan dan keseimbangan antara rasa, aroma, warna, dan tingkat keasamannya. Kandungan vitamin dan mineralnya masih alami dan lengkap sehingga dapat dikonsumsi secara langsung.
Minyak ini bisa digunakan untuk memasak, salad dressing, atau dicelupkan pada roti secara langsung.

2. Virgin Olive Oil
Minyak ini diperoleh dari hasil produksi dan pengolahan tahap kedua buah zaitun, memiliki tingkat keasaman yang kurang dari 2%, rasanya bagus dan lebih intens. Dapat dikonsumsi langsung.
Minyak ini juga bisa digunakan untuk memasak, salad dressing, dan lainnya.

3. Pure Olive Oil
Minyak ini merupakan campuran dari refined olive oil dan virgin olive oil, mengandung sedikit vitamin E, tingkat keasamannya kurang dari 2%, kandungan nutrisinya lebih rendah, harganya pun lebih murah.
Tidak cocok bila digunakan untuk salad dressing, tapi lebih cocok jika digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi.

4. Fino Olive Oil
Minyak jenis ini merupakan hasil campuran extra virgin dan virgin.

5. Extract dan Refined Olive Oil
Minyak zaitun  jenis ini dihasilkan dari perasan pertama namun diproses secara kimia. Minyak jenis virgin ditambahkan ke dalam minyak untuk memperkuat rasa.

6. Pomace Olive Oil
Minyak jenis ini merupakan grade paling rendah dari minyak zaitun. Dihasilkan dari residu minyak yang tersisa di pomace zaitun.
Dicampur dengan berbagai variasi jumlah virgin oil agar bisa diterima oleh konsumen. Biasanya digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi. Biasanya dijadikan bahan baku kosmetik, shampoo, sabun dan lainnya.

7. Extra Light dan Light Olive Oil
Minyak jenis ini berkualitas rendah dan dibanderol dengan harga cukup murah dibanding jenis lainnya. Minyak zaitun jenis ini merupakan hasil pemurnian dari hasil ekstrak atau perasan minyak zaitun yang berkualitas rendah. Kualitasnya dapat dikenali berdasarkan aroma, rasa dan warna.

Demikian artikel mengenai Jenis-Jenis Minyak Zaitun. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.